PPDB 2022 SMAN 10 Fajar Harapan

Syarat Pendaftaran Jalur Prestasi Bakat Minat

  1. Memiliki nilai kognitif (pengetahuan) rapor SMP/ MTs dari semester 2 s.d 4 minimal 78 untuk mata pelajaran Pendidikan Agama, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Matematika, dan IPA.
    Note:

    1. Jika terdapat nilai satuan pada rapor, maka nilai tersebut dikalikan dengan 25 untuk mendapatkan nilai puluhan konversi, misalnya: 3,12 x 25 = 78.
    2. Apabila salah satu bidang studi terdiri dari beberapa komponen penilaian, maka yang dilihat adalah nilai rata-rata dari semua komponen nilai tersebut, misalnya:
      • Pendidikan Agama terdiri dari Fiqih, Aqidah, Akhlak, dst.
      • Bahasa Inggris terdiri dari Speaking, Reading, Writing, dst.
      • IPA terdiri dari Fisika,Biologi, dst.
  2. Memiliki prestasi akademik dan non akademik, dengan rincian sebagai berikut:
    • Juara 1 – 3 dari semester 2 s.d. semester 4 yang dinyatakan dengan surat rekomendasi dari Kepala Sekolah, dapat di download disini [DOWNLOAD]; dan/ atau
    • Memiliki sertifikat juara I, II, atau III tingkat provinsi/ nasional pada perlombaan olimpiade sains bidang Matematika, fisika, dan Biologi yang diadakan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi/ Kementerian Agama; dan/ atau
    • Memiliki sertifikat juara I, II, atau III tingkat nasional pada perlombaan Karya Tulis/ Karya Ilmiah yang diadakan oleh LIPI/ Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi/ Kementerian Agama; dan/ atau
    • Memiliki sertifikat hafizh Qur’an minimal 10 juz dari sekolah/ lembaga resmi pemerintah dan lembaga dayah, dibuktikan dengan tes langsung saat verifikasi.
  3. Memiliki riwayat kesehatan yang baik dan layak untuk tinggal di asrama (akan di tes khusus oleh tim kesehatan sekolah).
  4. Tidak memiliki riwayat buta warna, asma, jantung bawaan, epilepsy, dan penyakit kronis lainnya.
  5. Peserta yang mendaftar melalui jalur Prestasi Bakat Minat hanya bebas tes tulis.

Sanksi Administratif:

Jika peserta telah dinyatakan lulus dan tidak mengambil kesempatan tersebut, maka sekolah peserta tersebut tidak akan diberikan kuota jalur Prestasi Bakat Minat selama 2 tahun kedepan.